BEM KM FT Sukses Menyelenggarakan Lomba Poster Nasional

  • By admin

Untuk kali pertama Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya mengadakan kegiatan lomba poster tingkat nasional bagi kalangan Mahasiswa. Bahkan bisa dikatakan Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya adalah Fakultas yang pertama di Unsri yang mengadakan lombah poster Mahasiswa ini. Acara ini merupakkan salah satu kegiatan BEM KM FT Unsri yang sukses digelar setelah 

Mahasiswa merupakan generasi muda yang selalu memiliki terobosan baru bahkan hasil karya Mahasiswa bisa bermanfaat untuk Masyarakat umum namun kurang publikasi. Atas dasar tersebut Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya mengadakan kegiatan SNEPCO (Sriwijaya National Engineering Poster Contest) 2018 di Aula Fakultas Teknik Unsri Palembang, kamis 15 November 2018.

Pada lomba ini peserta mempresentasikan gagasan hasil karya dan penelitian mereka digambarkan dalam sebuah poster dan dipresentasikan ke dewan juri. Perlombaan ini bersifat penelitian sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Seperti tema yang terapkan yaitu tentang “Inovasi Generasi Emas dalam Mewujudkan Revolusi Industri 4.0” yang melibatkan pendaftar sebanyak 62 Universitas dan Institusi di seluruh Indonesia dengan total 258 tim, kemudian diseleksi kembali menjadi 100 tim yang layak untuk presentasi, diambil dari 38 Universitas.


SNEPCO berhasil membawa kampus-kampus besar di Indonesia untuk ikut serta. Meliputi UI, ITB, ITS, UGM, Unair, UNY dan lain-lain. Dimana para peserta yang ikut menyiapkan materinya sesuai dari tema energi, sains dan teknologi.


M Imam Ammarullah salah satu perwakilan Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya dengan karya penelitian bertema “Bone Scaffold : Design Smart Biomaterial 4.0 in Medical Devices” berhasil mendapatkan juara pertama, mengalahkan yohannes Marudut Tua Silaen dari ITS dan ivan dari Universitas Gadjah Mada. Penilaian perlombaan dibagi dengan beberapa kategori, yakni poin keaslian atau originalitas kemudian manfaat inovasi. Penjurian pun berasal dari dosen fakultas lain yaitu kedokteran juga pertanian.


Hadiah yang diberikan untuk juara pertama akan beri sertifikat, tropi piala dan uang 10 juta rupiah, Juara ke dua uang sebesar tujuh juta rupiah, juara ke tiga uang sebesar lima juta rupiah, juara favorit uang sebesar lima juta rupiah, juara harapan 1 mendapatkan uang sebesar tiga juta rupiah, juara harapan 2 mendapatkan uang sebesar dua juta rupiah, juara harapan 3 mendapatkan uang sebesar satu juta rupiah