SELAMAT BERJUANG PARA DELEGASI UNSRI DI KOMPETISI EKSPO KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA INDONESIA KMI 2018

  • By admin

SELAMAT BERJUANG PARA DELEGASI UNSRI DI KOMPETISI EKSPO KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA INDONESIA KMI 2018

Teruntuk Mahasiswa JTK yang terpilih menjadi delegasi pada forum national bergengsi tersebut.

Azmin Aulia
JEFFRI MULYARDI
CINDY RS

 

SESUAI VISI MISI JURUSAN, FAKULTAS DAN UNIVERSITAS KITA,

HADIR DAN BERGAULLAH AGAR MENDAPAT RECOGNISI…

BERJUANGLAH YANG TERBAIK AGAR MEMILIKI EKSISTENSI…

BERKOMPETISILAH AGAR TERBUKTI KITA BISA UNGGUL

 

INFO KEGIATAN EKSPO KMI

 

Kampus Institut Pertanian Bogor pada tanggal 9 – 12 November 2018

Kegiatan Utama :
Talk Show Kewirausahaan
Lomba : KMI Award yang meliputi Wirausaha Terbaik dan Stand Terbaik
Sarasehan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi (Wakil Rektor, Wakil Direktur)
Sarasehan Forum Pengelola Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia
Pameran dan bazaar produk kewirausahaan serta produk unggulan
Kegiatan Pendukung
Pembentukan Indonesian Student Entrepreneurship Network
Konsultasi Bisnis
Kunjungan ke Teaching Farm IPB (Sabisa Farm dan Sadifa Farm)
Bazaar UMKM (Mahasiswa dan alumni yang berwirausaha)
Malam Hiburan/Pagelaran Seni dan Budaya
TENTANG PROGRAM KMI (BELMAWA DIKTI)

Perkembangan teknologi dalam bentuk kecerdasan buatan sangat pesat, namun disisi lain Technology distruption juga menghilangkan beberapa jenis pekerjaan yang dapat tergantikan dengan teknologi. Hal ini juga menambah jumlah pengangguran yang terjadi khususnya dari kalangan lulusan pendidikan tinggi.

Pemerintah telah mengatasi permasalahan ini dengan berbagai program seperti pendidikan vokasional, internship dan magang industri maupun pembekalan ketrampilan kewirausahaan. Wirausaha adalah salah satu alternatif solusi masalah pengangguran yang terjadi.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memiliki Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) untuk melatih mahasiswa diberbagai perguruan tinggi di Indonesia memiliki bekal yang cukup untuk berwirausaha.

Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) merupakan ajang pertemuan mahasiswa wirausaha se-Indonesia yang telah dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha. Para mahasiswa adalah agent of change yang dapat mengubah pola pikir (mindset) mahasiswa lainnya dan masyarakat pada umumnya dari pola pikir pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job creator).

Mahasiswa tersebut adalah para pemuda yang berpotensi menjadi pengusaha sukses dan tangguh dalam menghadapi tantangan persaingan bisnis global.

Salah satu program dalam PKMI adalah Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Ekspo KMI). Ekspo KMI ini bertujuan untuk mengelorakan semangat kewirausahaan melalui kompetisi bisnis dari berbagai program kewirausahaan yang telah dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi. Ekspo KMI ini juga bertujuan untuk menjadi forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia.

Terdaftar lebih dari 400 produk wirausaha yang dibuat oleh mahasiswa dari 124 Universitas di Indonesia yang berpawtisipasi dalam Ekspo KMI 2018 di IPB Bogor.